Kalau Sudah Jodoh Pasti Bakalan Bertemu


Jodoh tidak akan ke mana seperti kisah nyata penulis dengan mitra kerjanya ini

Jodoh memang tidak terhalang lautan, demikian kata peribahasa. Kamu mungkin pernah mengalami hal ini ketika bertemu dengan pasangan hidupmu. Aku juga punya kisah nyata serupa. Tetapi cerita ini tentang seorang mitra kerjaku.

Tahun 2012 adalah awal pertemuan kami di Pulau Batam, kota yang begitu pesat derap pembangunan, meski kata orang, juga menyimpan sejumlah tantangan khas perkotaan. Entah mengapa, kami tak sungkan mengobrol lama. Dalam bahasa Dilan mungkin ini yang disebut langsung chemistry alias langsung jodoh.

Beliau adalah HR Expert, konsultan, pembicara dan pengusaha coaching dan training. Dia memiliki pusat pelatihan yang telah terdaftar resmi di departemen tenaga kerja sehingga berhak mengadakan program-program sertifikasi.
Waktu itu, kami berbincang-bincang tentang kolaborasi, sebuah upaya ‘gabung jurus’ demi peningkatan mutu sumber daya manusia orang banyak maupun perusahaan-perusahaan.

Aku lalu masuk sebuah perusahaan multi nasional, yaitu PT Saipem Indonesia, Karimun Branch, sebagai HR Specialist.
Setelah itu, aku pindah ke Makassar karena diminta mengurus sebuah perusahaan IT dengan belasan cabang baik di Makassar, Manado maupun Palu. Di kota yang tadinya bernama Ujung Pandang ini, saya mengikuti ibadah mingguan di sebuah Gereja Kristen yang bertempat di Hotel Swiss Bell.

Suatu minggu pagi sehabis ibadah, saya berlama-lama mengheningkan diri sembari menikmati udara ruangan yang begitu pas dan nyaman. Seorang teman menepuk pelan pundak aku, dia hendak mengenalkan seseorang.
Tebak, siapa? Ternyata yang hendak dikenalkan adalah teman dari Batam ini. Tak disangka kami berjodoh untuk bertemu kembali di sebuah tempat yang tak bisa diduga sebelumnya. Beliau berada di Kota Makassar dalam rangka dinas sebagai HR Consultant dari sebuah perusahaan multinational.
Beberapa tahun berlalu sejak pertemuan yang menyenangkan itu. Tahun 2017, saya berada di Kota Yogyakarta, kotanya gudeg istimewa. Beliau juga sedang berada di kota yang sama. Dan kami kembali bertemu dalam suasana penuh keakraban. Rupanya beliau mampir ke Yogyakarta setelah roadshow memberi training dan konsultansi di Surabaya, Malang dan Semarang. Seperti kata Dilan, langsung chemistry.

Tahun 2018, bulan Januari, aku pergi ke Kota Batam untuk keperluan keluarga. Langsung saja saya menghubungi sahabat dan mitra kerja ini. Secara khusus, aku berkunjung ke kantornya, LPM Batam, dekat dengan kantor Walikota Batam. Kami menghabiskan siang bersama, membicarakan banyak hal tentang rencana-rencana kami mewujudkan kolaborasi.

Aku tidak ragu lagi, ini sebuah pengalaman perjodohan yang luar biasa. Berkali-kali kami dipertemukan tanpa direncanakan dan di tempat-tempat yang tidak terduga.

Untuk para jomblo, jangan pernah kuatir. Allah sudah memberi kamu seseorang, kamu hanya perlu mengambil inisiatif untuk menemukannya.

Seperti aku dan sahabatku ini. Allah telah menentukan bahwa kami jodoh sebagai mitra kerja!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Sudah Jodoh Pasti Bakalan Bertemu"

Post a Comment